Senin, 05 Agustus 2013

Orasi Calon Ketua Osis SMA Negeri 1 Kedungreja

Berikut di bawah ini adalah contoh pidato atau kerap juga disebut orasi ketika aku menjadi salah satu kandidat ketua OSIS SMA Negeri 1 Kedungreja periode 2013/2014. Yap, itu nama sekolahku. Tepatnya berada di Jalan Raya Tambaksari Tromol Pos 212 Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap. Buat kalian yang mau mencalonkan diri menjadi ketua OSIS jangan galau memikirkan orasi untuk mengkampanyekan dirimu. Manfaatkan media yang ada Sob. Yang paling canggih sekarang ini ya apalagi kalau bukan internet?
Hehehe.. (maaf tak bermaksud) jadi anak yang hidup di jaman sekarang jangan mau kalah sama teknologi ya.. Yoi!!! Kalian harus lebih bisa mengoptimalkan gadget yang kalian miliki, tentunya untuk yang positif ya? Kalau kalian punya karya tulis, share saja ke blog pribadi atau ke media sosial lainnya. Karena dengan begitu, kalian berarti sedang berusaha membantu sesama yang memang benar membutuhkan bantuan. Misal dalam keadaan kepepet tiba-tiba kalian masuk di daftar kandidat calon ketua OSIS, yakin deh, biasanya kalian memutar otak dengan segala persiapan yang serba dadakan itu. Jadi, berbagilah apa yang kamu punya untuk sesama. Okey!!! Hmm, penulis kebanyakan opening yak :D aku emang sedikit lebay, tapi bukan bermaksud riya ya, kita ingat kembali bahwa semuanya itu tergantung pada niat kita. Bagi teman-teman yang benar-benar kepepet pasti gak sempat membaca opening ini. Ketika kalian lihat kata Assalamu’alaikum, dijamin kalian menghiraukan openingnya. Kalau aku tau gitu ngapain aku ngetik opening panjang-panjang yak? Toh, juga kagak dibaca. Hahaha :D Oke, langsung saja Check it Out!!!

Assalamu’alaykum wr.wb
Yang terhormat Kepala SMA Negeri 1 Kedungreja
Yang saya hormati dewan guru beserta staf karyawan SMA Negeri 1 Kedungreja
Tidak lupa siswa-siswi SMA Negeri  1 Keungreja yang insya Allah saya sayangi
Terlebih dahulu marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wata’ala yang telah melimpahkan rahmat, nikmat, hidayah serta inayahNya kepada kita sehingga di pagi hari yang cukup terik ini kita diberi kesempatan untuk berkumpul di halaman SMA Negeri  1 Keungreja yang insya Allah dimuliakan oleh Allah
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Shalallahu’alaihi Wassalam, yang senantiasa kita harapkan syafaat beliau kelak di yaumil akhir Allahumma Aamiin.
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk melakukan orasi calon  ketua OSIS SMA Negeri 1 Kedungreja periode 2013/2014. Pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang” maka ada baiknya saya memperkenalkan diri saya terlebih dahulu.  Nama saya Intan Rifiwanti dari kelas XI IPA 1. Pada kesempatan orasi kali ini, saya akan meyampaikan visi dan misi saya sebagai salah satu kandidat Ketua OSIS. Visi adalah tujuan. Tujuan saya adalah menjadikan OSIS sebagai wadah untuk menampung inspirasi, aspirasi dan kreativitas siswa serta meningkatkan iptek dan imtak berlandaskan empat dasar: Jujur, Adil, Amanah dan Disiplin.
Adapun misi saya dalam mewujudkan tercapainya visi adalah: pertama mengaktifkan serta merealisasikan program-program yang sudah ada dan selama ini belum berjalan lancar. Kedua, menciptakan organisasi yang SMART (Sigap, Musyawarah, Aktif, Religius, Teliti). Kemudian yang ketiga, menertibkan peratutan-peraturan yang sudah mulai longgar. Keempat, berusaha mengoptimalkan fungsi dan peranan OSIS serta meningkatkan kinerja dan kerjasama dalam rangka mencipakan kader-kader yang religius yang mampu menunjukkan identitas dan eksistensi dalam prestasi baik akademik maupun non akademik. Selanjutnya yang kelima dan insyaAllah terakhir yaitu memberdayakan perpustakaan sebagai ladang ilmu.  
Itu adalah visi dan misi saya. Apabila saya terpilih menjadi ketua OSIS, saya akan berusaha seoptimal mungkin untuk amanah dan penuh tanggung jawab. Dan apabila saya tidak terpilih, saya akan tetap ikut berpartisipasi aktif dalam kepengurusan OSIS demi kemajuan sekolah.
Saya kira itu yang dapat sampaikan pada kesempatan kali ini. Apabila ada kebaikan itu datangnya dari Allah SWT dan apabila terdapat kesalahan itu datangnya dari diri saya pribadi. Ada kebaikan mohon dimanfaatkan, dan bila ada kekhilafan mohon untuk dimaafkan.
Jazakumullah khairan Katsiran Wassalamu’alaykum wr.wb

Oke.. segitu aja yak. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang sedang bingung merangkai kalimat untuk kampanye yang sudah di depan mata :D aku kasih bonus contoh visi dan misi juga J semoga lancar dan sukses buat kalian J

15 komentar: